Berhasil Menghapus Pop Up Ads

      Akhirnya saya berhasil juga menghilangkan iklan pop up ads milik clicksor.com yang sejak tadi pagi muncul di blog ini.  Heran juga kenapa iklan ini bisa muncul setiap kali visitor mengunjungi halaman blog saya hari ini.  Padahal saya tidak pernah mendaftar ke situs apapun  untuk mendapatkan iklan berbayar.   Karena rasa penasaran, kesal dan takut akan ditinggalkan pengunjung yang pasti merasa terganggu, maka  seharian ini disela-sela kesibukkan kerja saya terus  berusaha  mencari penyelesaian lewat situs-situs tutorial  domestik dan internasional.    
      Penyelesaian yang saya dapatkan beragam, tapi yang signifikan hanya empat:
     Pertama, saran yang muncul duluan dan paling banyak disarankan, adalah menghapus widget yang kita instal di blog terutama widget yang dicurigai menyimpan kode iklan tersebut.   Bahkan kalau kodenya tidak ada disitu, sudah pasti dari kode yang ada di situs penyedia widgetnya.  Makanya benar-benar harus dihapus biar putus dari situsnya.  Kebetulan nama yang disebut  oleh semua tutor adalah widgeo.net.  kebetulan juga  sebagian besar korban dengan widget tersebut melaporkan bahwa cara itu tidak menyelesaikan.   Jadi saya punya alasan mengabaikan cara ini.  Saya merasa sayang kalau harus menghapus  cute widget yang sudah capek-capek dipasang.   Jadi saya pura-pura saja tidak ingat pernah atau tidak pasang widget yang dicurigai itu.
      Kedua,  Ada orang yang menghacker akun blog kita dan diam-diam menuliskan kode iklan dalam salah satu html kita.  Kalo yang ini kayaknya tidak mungkin.  Saya tidak punya suspect.  
       Bicara suspect, kalau ada,  relevansinya ke topik pertama lagi.  Dimana yang jelas-jelas menjadi suspect utama kebanyakan orang, Si widgeo, bukan hacker.  Saya memasangnya sudah cukup lama.  Kalau gara-gara dia, masa sih dampaknya baru muncul sekarang.  Jangan jadi paranoid lah.
       Ketiga,  Iklan clicksor ada virusnya.  Virus clicksor ini menginfeksi sistem kita waktu berpapasan dengannya di suatu situs tertentu.  Untuk mengatasi ini saya harus menginstal anti virus tertentu (ada namanya, tapi maaf tidak ingat) meskipun anti virus saya sudah banyak.  Lanjut.
      Keempat,  kesimpulan dari tiga sebelumnya, iklan ini ada kode htmlnya.  Tersimpan di blog kita pasti dengan suatu cara, disuatu tempat dan oleh what the hell siapa saja.  Yang penting temukan dulu kode htmlnya.  Caranya,  add-ons aplikasi Web developer dan Firebug untuk browser kita kalau belum punya (saya pake Mozilla Firefox).   Gunanya untuk melihat kode html dari iklan tersebut, apakah cocok dengan kode yang ada dalam template kita.  
      Keempat-setengah,  lakukan kalo kode iklan tidak ditemukan,  ada banyak pilihan pop up blocker  perlu diinstal.  Tapi Mozilla Firefox saya sudah sejak dulu disetting permanen memblocking iklan.  Ini membuktikan tidak semua pop up blocker bisa membloking semua jenis iklan pop.  Bahkan pop up blocker tambahan yang saya sebut diatas mungkin tidak akan berhasil  jika pop up yang muncul menggunakan metode yang belum diketahui.  Perlu diingat, beberapa website seperti lembaga keuangan menggunakan pop up untuk informasi  tertentu yang cukup penting.  Membloking pop up berarti membloking beberapa feature dari mereka.  Jadi kalau akan melakukan ini  sebaiknya hanya untuk sementara atau mengatur blocking untuk website tertentu saja. 
      Yang saya lakukan pertama kali adalah cara keempat.  Download Aplikasi Web Developer dan Firebug.  Setelah keduanya terinstall, klik information yang sudah muncul di toolbar lalu pilih/centang display elemen information.  Buka halaman blog dan bawa mouse pada iklan yang muncul sampai elemen informasi iklan itu (kode html) muncul.  Cocokkan kode tadi dengan kode dalam html blog, bisa dalam widget atau template.   Lalu hapus html kita kalo menemukannya. 
      Berhubung saya tiba-tiba malas untuk periksa-periksa html.   Akhirnya saya coba-coba kembali ke cara pertama.  He he he (ketawanya bukan saat coba tapi sehabis menyelesaikan tulisan.)

" Sudah jam 11.57 pm  sekarang.  Kedua mata sudah berat kelamaan menunggu dokumen dari bagian  penerimaan anggaran untuk dientri.  Kalau tidak lembur begini,  besok pagi pasti kayak dikejar-kejar setan harus memasukkan permintaan ke kantor perbendaharaan." 
(Lho, kenapa tiba-tiba jadi curhat.)
    Ternyata salah satu widget memang milik widgeo.net (sorry uncle widgeo...)   Terpaksa saya hapus dengan pikiran kalau mau lagi kan bisa install lagi lain kali dengan gampang.  Begitu Widget terhapus dan buka kembali homepagenya.  Taraaa.  Iklannya sudah hilang.  Semudah itu ?  Dari tadi kek.  BTW, Thanks god.

5 comments:

  1. Nice post... bikin eneq juga iklan clicksor, rugi banget buat para publisher...cs iklannya sangat murah.

    http://skynet-jogja.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. ga saya juga masih bingung nih blog saya juga mengalami apa yang agan alami tapi saya masih blm menemukan masalahnya dimana...

    pusing banget...

    www.insan-cemerlang.web.id

    ReplyDelete
  3. Are you trying to earn cash from your websites with popup advertisments?
    If so, did you try using Clickadu?

    ReplyDelete
  4. If you're looking for a reputable contextual ad company, I recommend that you have a look at Clicksor.

    ReplyDelete
  5. I'm using Kaspersky protection for many years now, and I'd recommend this product to everyone.

    ReplyDelete

Joint this blog!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...