MANAJEMEN STRATEGIS INTERNASIONAL

 
Latar Belakang Masalah
Dalam sebagian besar bisnis di masa lampau, titik pusat pekerjaan manajer adalah mengambil keputusan pada saat dan hari ini untuk dunia sekarang dan bisnis sekarang.  Saat ini hal itu tidak mencukupi lagi bagi segala perubahan yang terjadi di sekeliling kita yang terus berlangsung dan menyebabkan pendekatan yang berbeda terhadap manajemen. 
Kita dapat melihat bagaimana persaingan di bidang bisnis yang terjadi di seluruh dunia saat ini sudah tidak dapat diprediksikan lagi.  Perhatikan perusahaan yang paling besar dan paling berhasil dalam tahun 1908, 1938, atau 1968 dan bandingkan dengan daftar perusahaan tahun 1998.  Hanya sedikit perusahaan yang dulunya memimpin dan sekarang masih tetap memimpin, meskipun dulunya memiliki kemampuan ekonomi yang hebat. 

Tabel. 1.1. Perubahan bentuk 10 Perusahaan 


-->
Tabel 1.1. menjelaskan berbagai contoh keberhasilan dan kegagalan maupun kemantapan dan perubahan menyeluruh.  Beberapa perusahaan ini timbul karena tekanan dari luar, misalnya dari pemerintah, pesaing dan konsumen.  Sedangkan yang lainnya berkembang karena  para pegawai dan pimpinan mengambil keputusan untuk melakukan perubahan, misalnya mengubah sifat usaha.  Dari contoh itu pula dapat ditunjukkan bahwa perusahaan yang telah memimpin dapat secara cepat menjadi tertinggal karena gagal beradaptasi terhadap perubahan, atau lebih buruk lagi telah gagal menciptakan perubahan. Prediksi sekarang adalah lingkungan akan menjadi lebih kompleks dan bergolak dalam beberapa tahun ke depan dan ketidakpastian itu menjadi tantangan terbesar dalam manajemen. 
Manajemen strategis menjadi ilmu yang berkembang cepat, muncul Sebagai respon atas meningkatnya pergolakan lingkungan dan berusaha menjelaskan mengapa beberapa perusahaan berkembang dan maju pesat, sedangkan yang lainnya tidak maju dan akhirnya bangkrut.  Mc Donalds adalah salah satu perusahaan yang tumbuh menjadi pemimpin pasar makanan siap saji (fast food) di dunia yang memiliki manajemen strategi untuk mencapai kesuksesan dalam pemasaran produk makanan siap sajinya.

Pembatasan Masalah
Melihat dari latar belakang masalah serta memahami pembahasannya maka penulis dapat memberikan batasan-batasan pada :
  1. Bagaimanakah manajemen strategis perusahaan Mc Donald ?
  2. Apakah manajemen strategis memperbaiki kinerja perusahaan Mc Donald ?
-->

Definisi Strategi.
            Strategi adalah sarana yang digunakan untuk mencapai tujuan akhir (sasaran).  Tetapi, strategi bukanlah sekedar suatu rencana.  Strategi adalah rencana yang disatukan (mengikat semua bagian perusahaan menjadi satu); menyeluruh (meliputi semua aspek penting perusahaan);  dan terpadu (semua bagian rencana serasi satu sama lain dan bersesuaian. 
Strategi dimulai dengan konsep penggunaan sumber daya perusahaan secara paling efektif dalam lingkungan yang berubah-ubah.  Strategi untuk suatu perusahaan adalah rencana jangka panjang.  Dimana perusahaan berhadapan dengan sejumlah pesaing dan sekaligus juga dengan pemerintah, pemasok/penyalur bahan, pemilik, serikat buruh, dan lain-lain.  Suatu strategi berorientasi pada masalah pokok seperti (1) Apakah bisnis kita; (2) Bagaimana bentuk yang seharusnya ?; (3) Apa produk dan pasaran kita ?; dan (4) Apa yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan ?.
Itulah mengapa manajer-manajer perusahaan yang menjalankan bisnis sekarang harus mengelola perusahaan secara strategis.  Mereka tidak dapat membuat keputusan hanya dengan berdasarkan pada aturan-aturan yang sudah ada, kebijakan-kebijakan lama atau perhitungan-perhitungan tren sekarang.  Melainkan juga melihat masa yang akan datang untuk  merencanakan tujuan organisasi secara luas, memulai startegi dan menetapkan kebijakan-kebijakan

Pengaruh Manajemen Strategis terhadap kinerja.

Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan  dalam jangka panjang.  Manajemen startegis meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi (perencanaan strategis dan perencanaan jangka panjang), impkemetasi strategi,dan evaluasi serta pengendalian.  Manajemen strategis menekankan pada pengamatan dan evaluasi peluang dan ancaman lingkungan dengan melihat kekuatan dan kelemahan perusahaan.
Secara umum penelitian menunjukkan bahwa organisasi yang sungguh-sungguh menggunakan manajemen strategis akan memperbaiki kinerja lebih sering dibandingkan jika tanpa perubahan.  Penelitian lebih lanjut menunjukkan tercapainya kesesuaian antara lingkungan organisasi dan strategi, struktur seerta proses organisasi, berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi
Faktor-faktor Strategis
Manajemen mengamati lingkungan eksternal untuk melihat kesempatan dan ancaman dan mengamati lingkungan internal untuk melihat kekuatan dan kelemahan.  Faktor-faktor yang paling penting untuk masa depan perusahaan ini disebut faktor-faktor strategis dan diringkas dengan singkatan S.W.O.T, yang berarti strength (kekuatan), Weakness (Kelemahan), Oportunities (Kesempatan) dan Threats (ancaman).

No comments:

Post a Comment

Joint this blog!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...