CASE : KERJASAMA KELOMPOK VIRTUAL DI IBM

Kerjasama kelompok virtual adalah semua  dalam pekerjaan sehari-hari  john Patrick, yang mengorganir sejumlah inisiatif-inisiatif ini di IBM sejak 1993. Pada saat itu, Internet nyaris membuat titik target  pada layar radar perusahaan.  Sebagai salah satu ahli strategi senior IBM, Patrick telah berekserimen dengan program program untuk browsing file pada sistem komputer yang terhubung seluruh dunia.  IBM saat itu lamban, perusahaan dalam masalah besar, dan Lou Gastner telah dibawa sebagai CEO dari luar untuk memperkuat perusahaan computer yang terhormat.  


Melompat dari file ke file di internet, Patrick menjadi yakin bahwa IBM diperlukan untuk terlibat dengan fenomena yang timbul ini . Jadi dia merancang suatu memo “dapat terhubung”  tentang cara-cara baru berkomunikasi dalam dunia digital – termasuk teknik yang lumrah saat ini seperti menetapkan setiap pekerja sebuah alamat e-mail dan membuat situs web perusahaan.  Ide patrick diterima semua pekerja IBM.  “Orang-orang tidak tahu dimana saya dilaporkan didalam perusahaan dan mereka tidak peduli,” kenang Patrick.  “kami berbagi visi biasa bahwa internet akan mengubah segalanya dan IBM seharusnya menjadi pemimpin.”
Kelompok akar rumput anggota IBM dari bermacam fungsi, unit, dan lokasi berteman dengan daftar diskusi email milik Patrick untuk bergabung dengan tim “dapat terhubung.  Mereka “tidak ada anggaran, tidak ada kepala bagian,  tidak ada wewenang,” katanya. “Segala yang kita lakukan adalah informal.”  Hanya dalam enam bulan, tim virtual ini merancang  website  perusahaan ibm, yang aktif bulan Mei 1994.  Lalu tahun itu, tim sukarela dari 12 bisnis IBM yang berbeda bekerja dengan patrick untuk membuat pameran pertama perusahaan di dunia internet, show perdagangan industri besar.
Tidak lama kemudian, IBM mengembangkan strategi dan membuat satuan tugas untuk implementasi.  Ketika  perusahaan telah membentuk divisi internet, patrick terpilih sebagai wakil presiden teknologi internet.  Sejak saat itu, tim virtual get conected miliknya telah berkembang untuk membantu lebih dari 10.000 pelanggan bisnis IBM  menggunakan kemampuan internet untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Proyek terbaru patrick, web ahead,  adalah usaha tim virtual untuk mengembangkan aplikasi internet terbaru yang inovatif.
Pertanyaan berpikir kritis :
1.                Mengapa penggunaan tim virtual berhasil dalam situasi khusus di IBM ?
2.                menurut anda apa keunggulan penting tim virtual atas tipe tim diskusi lainnya dalam bab ini ?
3.                Salah Satu kekurangan dari tim virtual adalah kesempatan terbatas untuk berkomunikasi secara tatap muka antara anggota tim. Mengapa ini bisa menjadi masalah serius ?
Latihan kelompok :
Anggap bahwa dalam satu dari kursus sumber daya manusia anda dimana profesormu mengharapkanmu untuk membentuk tim virtual dengan empat dari temanmu yang pelajar untuk melakukan presentasi 30 menit dihadapan kelasmu atas topik “ strategi investasi dana bersama untuk dana pengunduran diri”.   Profesor anda meminta semua pekerjaan pada proyek menantang ini diselesaikan sebagai tim virtual dan tanpa pertemuan tatap muka apapun.  Dalam grup diskusi anda datang dengan cara menghadapi isu-isu yang melibatkan tim virtual ini : Bagaimana anda akan mengorganisir tim virtual  itu ? apakah pemimpin tim virtual penting ? Berdasarkan pada apakah anda memilih mahasiswa untuk menjadi anggota virtual anda ? Bagaimana anda akan memastikan bahwa setiap orang melakukan tugas yang ditentukan sehingga presentasi yang berkualitas tinggi tersebut berhasil dari usaha bersama anda ?

No comments:

Post a Comment

Joint this blog!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...