Berhasil Merubah Warna Huruf Judul Post

   Beberapa menit yang lalu tampilan blog ”Lucky One” seperti  gambar pertama di bawah.  Font color untuk title post berwarna biru dan font color untuk link text berwarna ungu yang kedua-duanya tidak sesuai dengan warna background membuat tulisan di posting dan di beberapa widget sulit dibaca.   Padahal salah satu alasan mengapa blog sering dikunjungi adalah tulisan yang nyaman bagi mata, tidak peduli sebagus apa template yang digunakan dan secanggih apa widget yang dimiliki.  

Warna huruf pada judul tidak sesuai template
  Ada beberapa cara dapat dilakukan untuk menormalkan kembali  “populer  blue ” – demikian saya menamakan setelah tahu banyaknya  blogger  dengan pengalaman serupa mencari bantuan di google help.   Saya sudah coba, dari mengedit kode html di rancangan sampai menambahkan kode css di edit template.   Berkali-kali dalam berbagai variasi kode,  sampai bosan dan mau marah tapi tidak ada satupun yang berhasil. 

Warna huruf pada judul sesuai standar template
  Sekarang lihatlah,  untuk lebih jelasnya maksud saya, pada gambar kedua.  Saya berhasil mengembalikan warna huruf  tadi menjadi sesuai  warna standar template yang digunakan pada blog ini.  Mau tahu bagaimana caranya ?  

   Lakukan edit entri html untuk semua posting  yang bermasalah.  Maksudnya mulai dari posting dimana masalah mulai muncul sampai posting terakhir.  Kalau lupa kapan mulainya, kerjakan mundur dari posting terakhir sampai posting yang dimaksud.  Hmm.. sama seperti yang saya lakukan (SSS). Jangan bayangkan jumlahnya karena jumlahnya bisa saja lebih banyak dari yang diharapkan.  Bisa setelah posting ke-tiga, ke-sepuluh atau ke-seratus.  Capek deh.
  Tapi tunggu dulu.  Sebenarnya cara yang mau dijelaskan ini untuk mereka yang pernah mengentri dengan cara yang tidak biasa (BEB).   Mengentri biasanya dikerjakan langsung di kotak yang disediakan.   Sedangkan BEB (Bukan Entri Biasa) kalo kamu mengetiknya dulu di dokumen MsWord atau lainnya baru copy dan paste hasilnya ke kotak entri di blog.  He he he... SSS.  Maklum saja, Ada banyak pilihan jenis font di MsWord yang bisa didapatkan dengan mudah dari pada harus merubah-rubah kode html untuk mendapatkan jenis huruf yang tidak tersedia di daftar pilihan jenis font di kotak entri dan di bagian edit template.   Sayangnya kode html MsWord ini tidak cocok dengan html blog.  Akan ada pernyataan menolak setelah kita menekan tombol  “menerbitkan” , tapi proses publish tetap bisa dilakukan kalau kita membiarkan.   Tapi akibatnya tampilan warna huruf di blog tidak sesuai  yang dikodekan.  Bahkan  daftar pilihan di edit template menjadi lumpuh alias tidak bisa dipilih.  Pokoknya tidak ada cara untuk merubah  kembali.  SSS dan begitulah yang terjadi pada saya sebelum ini.
  Sampai saya mengedit html di kotak entri.  Hapus semua kode untuk style font yang berasal dari MsWord itu (font definition dan style definition).  Dari  <style> sampai  ketemu </style> lagi .  Pokoknya hapus saja kalau temukan yang seperti di bawah ini :

<style>

 /* Font Definitions */
 @font-face

/* Style Definitions */
</style> 

  Saya juga menghapus semua bagian yang memuat kode link, seperti berikut :

<link href="file:///C:%5CUsers%5Cuser%5CAppData%5CLocal%
5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_filelist.xml" rel="File-List"> </link> <link href="file:///C:%5CUsers%5Cuser%5CAppData%5CLocal%
5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_themedata.thmx" rel="themeData"> </link> <link href="file:///C:%5CUsers%5Cuser%5CAppData%5CLocal%
5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_
colorschememapping.xml" rel="colorSchemeMapping"> </link>

  Cara ini berhasil buat saya.  Pertanyaannya, apakah saya kapok mengentri melalui dokumen MsWord ?  Jawabannya, tidak. Tulisan ini saya tulis di MsWord dan menurut rencana seharusnya saya edit kembali setelah di kotak entry.  Hapus stylenya dan linknya sebelum diterbitkan.  Aman.
  Kalau ada teman blogger yang mempunyai masalah yang sama boleh coba cara ini juga.  Kalau ragu,  tulisan dari dokumen MsWord pindahkan dulu ke notepad atau text processing lainnya sebelum masuk ke kotak entry blog.  I am lucky one.  Jadi semoga tulisan ini bermanfaat buat semuanya.  Amin.

No comments:

Post a Comment

Joint this blog!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...