Film Asal Palu 'Dikeroyok' Jakarta & Yogyakarta


Film Wrong Day dipastikan akan ‘dikeroyok’ empat film lainnya dari Jakarta dan Yogyakarta dalam memperebutkan Ladrang Award di ajang Festival Film Solo.

Diketahui sebanyak 9 film telah dipilih dari 169 film dalam proses kuratorial Festival Film Solo. 9 film yang lolos nominasi ini terdiri dari 5 film untuk kategori Ladrang Award (Umum, Nasional) yakni Territorial Pissings (Jakarta),  Perjalanan Untuk Kembali  (Jakarta), Wrong Day (Palu), Say Hello To Yellow (Yogyakarta),  Bermula Dari A (Yogyakarta).


Sedangkan 4 film finalis untuk kategori Gayaman Award (pelajar, Jawa Tengah), terdiri dari Endhog (Purbalingga), Kalung Sepatu (Purbalingga), Kirab (Pati), Pigura(Purbalingga).

Proses kurasi film sendiri dilakukan oleh tiga kurator. Yakni, Bayu Bergas pada ide cerita, Ayu Mitha Radila pagar urusan musik-scoring, dan Joko Narimo pada sisi teknis film.

Selanjutnya 5 film yang lolos kategori Ladrang Award akan diajukan pada tiga juri kompeten, yakni Seno Gumira Ajidarma, Swastika Nohara dan Joko Anwar. Sedangkan 4 film kategori Gayaman Award, penjurian akan digarap oleh Arfan Adhi Perdana, Veronika Kusumaryati dan Ajish Dibyo.

Menurut Bayu Bergas, selaku Kurator FFS 2011, terpilihnya film asal Palu yag berdurasi 3 menit akan semakin meramaikan perebutan gelar Ladrang award Festival Film Solo. Apalagi, Palu dikeroyok oleh empat film lain yang berasal dari kota Jakarta dan Yogyakarta.

“Palu yang selama ini tidak diperhitungkan, ternyata masuk  dalam nominasi Ladrang award. Apalagi Palu akan bersaing dengan film asal Jakarta dan Yogyakarta yang sering merajai perhelatan festival film di tanah air,” papar Bayu Bergas.

Bayu melanjutkan kiprah film Palu yang masuk dalam nominasi merupakan sejarah dalam peta perfilman di Sulawesi Tengah. “Ini adalah sejarah bagi perfilman di Sulawesi Tengah, khususnya bagi para sineas di kota Palu,” ucapnya.(uky)

1 comment:

  1. Blogwallking, yeahh itulah namanya kalo berkunjung di blog orang end ninggalin komentar.
    whats’up bro, gue kenalin diri dulu. Nama gue ugha, seorang blogger asal palu sama kyak lu. Bedanya gue ngeblok buat critain pengalaman pribadi diri gue sendiri. So, gue nyasar di blog lu ini krna nyari2 blogger asal palu jga biar bisa ketemu sma blogger dari daerah yg sama. Hmm pengen ngomong banyak tapi gak ada waktu, kalo sempat balas comentar gue.

    si yu next taim. haha :D

    ughaabadawi.blogspot.com

    ReplyDelete

Joint this blog!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...